Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktualisasi diri dan penghargaan terhadap kinerja guru di SD Negeri 006 Bangun Purba. Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri 006 Bangun Purba. Metode penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara menganalisa cara yang terdapat pada objek penelitian dan membandingkan dengan teori yang berhubungan dengan permasalahan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 11 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan pada penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut : Y= 2.384 +
1.156 X1 ? 0,100 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi diri dan penghargaan berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru di SD Negeri 006
Bangun Purba sebesar 99,6 % dan 0,4 % lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak ada di dalam penelitian ini.