Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi sains fisika siswa kelas
X SMA Negeri 3 Tambusai Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3
Tambusai Utara melalui teknik purposive sampling. Jenis penelitian dalam
penelitian ini adalah deskriptif. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X SMA
Negeri 3 Tambusai Utara.Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik
kuisioner dan teknik dokumentasi. Berdasarkan teknik analisis data pada kuisioner
diperoleh data bahwasanya siswa sebelum menggunakan pendekatan SETS
literasi siswa sangat rendah, namun setelah menggunakan pendekatan SETS
dalam melaksanakan pembelajaran meningkat yaitu siswa sudah mampu dengan
mandiri mencari buku-buku literasi sains lain dari perpustakaan, internet bahkan
mengeksperimenkannya sebesar 25%-44,4% dengan kriteria cukup. Siswa sudah
mampu mengemukakan pendapat berdasarkan konsep-konsep ilmuwan melalui
literasi sains 47,2%-50% dengan kriteria cukup. Serta siswa dapat mengetahui
peranan, fungsi dan aplikasi sains dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan
literasi sains yang dilaksanakan dalam pembelajaran sebesar 36,1%-44,4% dengan
kriteria cukup. Dalam pembelajaran menggunakan pendekatan SETS siswa secara
langsung dapat mengaplikasikan sains yang berkaitan dengan teknologi,
lingkungan dan sosial sebesar 47,2%-50% dengan kriteria cukup.