Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi reputasi underwriter, reputasi auditor, persentasi penawaran
saham, umur perusahaan, ukuran perusahaan terhadap Underpricing. Sampel
terpilih sebanyak 57 perusahaan dengan teknik Sampling Purposive di Bursa Efek
Indonesia. Data diperoleh dengan dokumentasi yaitu Laporan Prospektus
Perusahaan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, koefisien
determinasi dan untuk menentukan hipotesis dengan Uji t dan Uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil hipotesis uji t : Reputasi
Underwriter berpengaruh signifikan terhadap Underpricing, dan Reputasi
Auditor, Persentase Penawaran Saham, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan
tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing. Serta Uji F Reputasi
Underwriter, Reputasi Auditor, Persentase Penawaran Saham, Umur Perusahaan,
dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Underpricing