Abstract :
ABSTRAK
Andri M R Sidauruk. 2019. Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Game Untuk Meningkatakan Kerjasama Siswa Dalam Kelompok Belajar. Skripsi; Program Studi Bimbingan dan Konseling; Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Palangka Raya.
Pembimbing(1) Drs. Sunaryo A.I, M.Pd; Pembimbing (2)Romiaty, S.Psi, Psi, M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Simulation Game, Kerjasama
Untuk mengetahui apakah penerapan teknik simulation game dapat meningkatan kerjasama dalam kelompok belajar siswa sesudah pemberian bimbingan kelompok dengan teknik simulation game.Kerjasama adalah merupakan suatu kegiatan dalam berkelompok untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas secara bersama-sama.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII 1 di SMP Kristen Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 5 orang. Penelitian yang digunakan adalan penelitianpre-experimental design dengan one-group pretes-postes design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kerjasama yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakat Uji-T berpasangan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil Penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game sebelum diberi teatment hasil pretest 50,6% dengan kategori rendah, setelah diberi treatment berubah menjadi 67,6% dengan kategori sedang, dengan peningkatan dari hasil pretest dan posttest adalah 16%. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan yang baik antara pretest dan posttest.
Dengan rincian hasil perindikator, indikator (1) Saling membantu sesama anggota dalam kelompok (mau menjelaskan kepada anggota kelompok yang belum jelas) terjadi peningkatan 8.12%.Indikator (2) pada indikator setiap anggota ikut memecahkan masalah dalam kelompok sehingga mencapai kesepakatan, terjadi peningkatan sebesar11,67%. Indikator (3), pada indikator menghargai kontribusi setiap anggota kelompok, terjadi peningkatan sebesar 7.5%.Indikator (4),pada indikator setiap anggota kelompok mengambil giliran dan berbagi tugas, terjadi peningkatan sebesar 8.75%.Indikator (5), pada idikator berada dalam kelompok kerja saat kegiatan berlangsung, terjadi peningkatan sebesar 12.5%.Indikator (6), pada indikator meneruskan tugas yang telah menjadi tanggung jawabnya, terjadi peningkatan sebesar12.5%.Indikator (7), pada indikator mendorong siswa lain untuk berp artisipasi dalam tugas kelompok terjadi peningkatan sebesar 17.5%. Indikator (8), pada indikator menyelesaikan tugas tepat waktu dengan, terjadi peningkatan sebesar 7.5%.
Dari hasil angket pretest dan posttes mengenai kerjasama siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik simulation game mengunkanan analisis statistic uji t dua sampel berpasangan diperoleh hasil t_hitung(-16,209) sedangkan t_(tabel )(0,05) dimana hal ini menunjukkan bahwa t_(hitung )(-16,209)