DETAIL DOCUMENT
Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Kelompok di SMP Isen Mulang Palangka raya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Yuliani, AFB113002
Prof. Dr Helmuth Y. Bunu, M.Pd, 195001011976031002
Oktamia Karuniaty. S,M.Pd, 198410142008122001
Subject
QA75 Electronic computers. Computer science 
Datestamp
2020-01-24 10:10:32 
Abstract :
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih,dan masing-masing orang yang terlibat didalamnya memainkan peran secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran umum mengenai kualitas pelaksanaan teknik sosiodrama, (2) gambaran umum kemampuan interaksi sosial siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok, dan (3) hubungan antara kualitas pelaksanaan teknik sosiodrama dengan kemampuan interaksi sosial saat bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Isen Mulang Palangka Raya. Jumlah sampel penelitian ini adalah 48 orang. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara dan angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Korelasi Product moment, dilanjutkan dengan uji t dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas Teknik Sosiodrama yang dilaksanakan oleh peneliti dalam kategori rendah sebanyak 12 siswa (25,%), kategori tinggi sebesar 36 siswa (75,%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Teknik Sosiodrama yang dilaksanakan oleh peneliti dalam kategori baik. (2) Kemampuan interaksi sosial siswa saat mengikuti bimbingan kelompok dengan kategori rendah sebanyak 7 siswa (14,6%) dan dalam kategori tinggi sebanyak 41 orang (85,3%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan interaksi sosial saat mengikuti bimbingan kelompok dalam kategori baik. (3) Korelasi antara kualitas teknik sosiodrama terhadap kemampuan interaksi sosial dalam bimbingan kelompok sebesar r = 0,74 dan r2 = 0,552 dengan thitung = 6,765 > ttabel = 1.68 sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa SMP Isen Mulang Palangka Raya. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya