DETAIL DOCUMENT
PENGARUH NEGATIF BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN MALIKU BARU-3 KECAMATAN MALIKU TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Nova Maria Rosalinda, ADA 115 090
Drs. Maspin E. Nandjan, M.Pd, 19561110 198709 1 001
Dra. Sapriline, M.Pd, 19600415 198703 2 001
Subject
DA Great Britain 
Datestamp
2020-01-27 03:09:53 
Abstract :
ABSTRAK Nova Maria Rosalinda. 2019. Pengaruh Negatif Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Maliku Baru-3 Kecamatan Maliku Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (I) Drs. Maspin E. Nandjan, M.Pd. (II) Dra. Sapriline, M.Pd. Kata Kunci : Game Online, Motivasi Belajar Game online ini merupakan permainan modern yang sudah menjadi trend untuk masa sekarang dan disukai mulai dari anak-anak sampai usia dewasa. Anak yang mengalami ketergantungan pada aktivitas game, akan mempengaruhi motivasi belajar sehingga mengurangi waktu belajar, mengurangi konsentrasi dan fokus belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bermain game online berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Maliku Baru-3 Kecamatan Maliku Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari 2 (dua) variabel. Populasi dan sampel penelitian siswa kelas V SDN Maliku Baru-3 Kecamatan Maliku sebanyak 30 siswa. Data bermain game online dan motivasi belajar diambil menggunakan teknik angket dirumuskan dengan kalimat yang mengarah pada sikap negatif dan kemudian dianalisis untuk mengetahui pengaruh bermain game online terhadap motivasi belajar menggunakan rumus uji-t dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y menggunakan koefisien determinasi. Angket sebelum digunakan untuk pengambilan data terlebih dahulu dilakukan ujicoba dan hasilnya dianalisis menggunakan bantuan program SPSS versi 17. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh negatif antara bermain game online terhadap motivasi belajar, terbukti dari hasil uji t diketahui lebih besar t-hitung adalah 5,245 sedangkan besarnya t-tabel untuk N = 30 dan taraf kesalahan 5 % yaitu sebesar = 1,697. Dengan demikian jika t-hitung > t-tabel, maka data tersebut signifikan, dan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh negatif bermain game online terhadap motivasi belajar pada siswa kelas V SDN Maliku Baru-3 Kecamatan Maliku Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya