DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Norsi, ACD115036
Dr. Hj. Siti Sunariyati, M.Si, 19600516 198503 2 003
Drs. H. Najamuddin, M.Si., 19640927 198903 1 004
Subject
QH301 Biology 
Datestamp
2020-02-18 04:47:29 
Abstract :
Norsi, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya, Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing (1) Dr. Hj. Siti Sunariyati, M.Si (2) Drs. Najamuddin, M.Si. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMAN 4 Palangka Raya bahwa masih kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penyebabnya antara lain adalah siswa masih kurang memperhatikan pembelajaran dan kurang fokus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan pretest- posstest control group desain. Penelitian dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas X10 ( Kelas Eksperimen) dan kelas X11 (Kelas Kontrol). Pengambilan Sampel dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Instrumen tes yang digunakan adalah tes obyektif pilihan ganda yang berjumlah 25 soal dengan 5 alternatif jawaban. Kemudian, data dianalisis dengan statistik parametrik dengan uji-t karena data berdistribusi normal. Penulis akhirnya mengambil kesimpulan berdasarkan hasil statistik. Hasil penelitian menunjukkan setelah diberi perlakuan kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata- rata Posstest kelas eksperimen yaitu 79,03 dan nilai rata-rata posstest kelas kontrol 75,35. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel ( 1,98 > 1,69) pada taraf signifikan 5% (?= 0,05) Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan Terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya. Hal itu juga dibuktikan dari nilai rata-rata posstest siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi rata-rata 3,24 dibandingkan dengan kelompok kontrol rata- rata 2,96. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya