DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Novia Nafsiya, AFB115048
Esty Pan Pangestie, M.Psi, Psi, 19781026 200812 2 001
Romiaty, S.Psi, M.Pd, Psi, 19770505 200812 2 001
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2020-02-18 04:46:02 
Abstract :
ABSTRAK Novia Nafsiya, 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pelajaran Bimbingan Konseling Di Sekolah SMA Negeri 1 Palangka Raya. Skripsi, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangkaraya. Pembimbing I Esty Pan Pangestie, M.Psi, Psi dan Pembimbing II Romiaty, S.Psi., M.Pd, Psi Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Metode Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Palangka Raya berdasarkan pada fenomena disekolah yang menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pelajaran Bimbingan Konseling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan bimbingan kelompok metode Pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jumlah sampel penelitian 10 siswa kelas XII IIS 2 SMA Negeri 1 Kota Palangka Raya. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa bimbingan kelompok metode Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII IIS 2 SMA Negeri 1 Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan teknik uji-t dengan bantuan SPSS for Windows versi 22.00. pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Perhitungan hasil yang menggunakan pre-test dan post-test one group design. Dimana penerapan bimbingan kelompok metode Pembelajarn Inquiry (X) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik (Y). Dari setiap siswa mengalami perkembangan perilaku yang lebih baik dilihat dari meningkatnya indikator, indikator memberikan penjelasan sederhana objektif meningkat 29,28%, indikator membangun keterampilan dasar mengalami peningkatan sebesar 32,49%, indikator menyimpulkan meningkat 15%, indikator memberikan penjelasan lanjut meningkat 25%, indikator mengatur strategi dan teknik mengalami peningkatan 16,25%. Sehingga rata-rata peningkatan yang terjadi setelah diberikan bimbingan kelompok metode Pembelajaran Inquiry sebesar 23,604%. Dari hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung = -23,308 sedangkan uji t dari 10 responden dengan tingkat signifikan ttabel=1,812 dengan demikian ternyata th < tt pada taraf 0.05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok metode Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran Bimbingan Konseling di sekolah SMA Negeri 1 Palangka Raya. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya