DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 1 PALANGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
DESITALIE, ADA 115 024
Dr. FX. MANESA H.T., M.Pd, 19591021 198602 1 001
Dra. SIMPUN, M.Pd, 19621128 198709 2 001
Subject
D History (General) 
Datestamp
2020-02-18 04:45:46 
Abstract :
ABSTRAK Desitalie. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN 1 Palangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dr. FX. Manesa H. T., M.Pd., (2) Dra. Simpun, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Make A Match Selama ini pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih berpusat pada guru (teacher centered) dan juga buku paket saja. Guru dalam pembelajaran terkesan mendominasi pembelajaran dan guru merupakan satu-satunya penentu arah pembelajaran. Untuk memecahkan masalah pembelajaran tersebut, maka ditetapkan alternatif tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, yang dapat mendorong keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan guru dan meningkatkan hasil pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran make a match pada peserta didik kelas V SDN 1 Palangka tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Palangka tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 peserta didik. Data didapatkan dari tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 1 Palangka tahun pelajaran 2019/2020. Pada siklus I skor rata-rata nilai pretes sebesar 51,7 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75. Pada siklus II skor rata-rata nilai postes sebesar 65,3 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 91,3. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya