DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 4 PALANGKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
HERMILA, ADA 115 146
Dra. FEMMY, M.Pd, 19631130 198803 2 001
Dr. Sri Endang Mugi R., M.Pd, 19580320 197512 2 001
Subject
D History (General) 
Datestamp
2020-02-18 04:45:50 
Abstract :
ABSTRAK Hermila. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) Pada Tema 2 Subtema 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 4 Palangka. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing (1) Dra. Femmy, M.Pd (2) Dr. Sri Endang Mugi Rahayu, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, SDN 4 Palangka dengan menggunakan model Student Team Achievment Divison (STAD) Selama ini pembelajaran siswa di kelas V SDN 4 Palangka masih berpusat pada guru. Guru dalam pembelajaran terkesan mendominasi pembelajaran dan guru merupakan satu-satunya penentu arah pembelajaran. Untuk memecahkan masalah pembelajaran ini, maka ditetapkan alternatif tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, yang dapat mendorong keterlibatan guru dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan model Student Team Achievment Division (STAD) 2) Pengaruh penggunaan model terhadap hasil belajar siswa di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t. untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran student team achievment division (STAD) terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas V dengan materi tema 2 subtema 3 di kelas eksperimen kelas V-A dengan menggunakan model student team achievment division (STAD) rata-rata pos test yaitu 79,75 sedangkan hasil belajar di kelas kontrol kelas V-B dengan menggunakan model konvensional diperoleh rata-rata post tes sebesar 63,68. Berdasarkan hasil ratarata post test hasil belajar dengan model tipe student team achievment division (STAD) lebih baik dibandingkan model konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 13,925>2,026 pada taraf signifikan dari 95% dan á = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapar diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran student team achievment division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Palangka. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya