DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Wisnu Septiawan, ACA114010
Henry Aritonang, 195908071986031005
Suparman, 195906041986031003
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-19 03:15:08 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika yang cenderung negatif dan kurangnya aktivitas belajar siswa selama pembelajaran matematika di kelas dan proses belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika, 2) Hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika, 3) Hubungan sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika dan aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April tahun 2019. Menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 semester genap terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 119 siswa. Data penelitian sebagai sempel yaitu berjumlah 86 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data tentang sikap dan aktivitas belajar diambil menggunakan angket, sedangkan data hasil belajar matematika diambil menggunakan tes. Sebelum digunakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan teknik uji coba di SMP Muhammadiyah Palangka Raya kelas VIII-B dan VIII-C yang bukan termasuk sampel penelitian. Hasil uji coba angket sikap 15 dari 24 butir dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas r_11 = 0,84 , angket aktivitas belajar 19 dari 30 butir dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas r_11 = 0,94, dan untuk soal tes hasil belajar matematika 24 dari 35 butir soal dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas r_11 = 0,84. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan rumus chi square. Uji normalitas data sikap diperoleh ?2hitung = 1,95, aktivitas belajar diperoleh ?2hitung= 2,01 dan data hasil belajar matematika diperoleh ?2hitung = 6,31, sedangkan pada tabel Chi-Square diketahui ?2tabel = 11,07. Nilai ?2hitung lalu dibandingkan dengan nilai ?2tabel, karena data sikap, data aktivitas belajar, dan data hasil belajar matematika memiliki nilai ?2hitung < ?2tabel, maka data ketiga variabel tersebut dinyatakan berdistribusi normal dan dianalisis menggunakan statistik parametris. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan rumus pearson product moment dilanjutkan dengan uji signifikansi dengan uji-t. Adapun uji hipotesis ketiga menggunakan rumus korelasi ganda dilanjutkan dengan uji signifikansi dengan uji-F. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) Ada hubungan positif yang signifikan sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika, koefisien korelasinya sebesar r_(x_1 y) = 0,39 dengan uji signifikan thitung = 3,87 > ttabel = 1,66; 2) Ada hubungan positif yang signifikan aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika, koefisien korelasinya sebesar r_(x_2 y)= 0,34 dengan uji signifikan thitung = 3,32 > ttabel = 1,66; 3) Ada hubungan positif yang signifikan sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika dan aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika, koefisien korelasinya sebesar R_(x_1 x_2 y) = 0,39 dengan uji signifikan Fhitung = 7,63 > Ftabel = 3,11. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya