DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF KELAS XI SMA ISEN MULANG PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
KURNIA ANTUNG JULEHA, AFB114006
Dr. JOSEF DUDI,M.Si, 19521217 198611 1 001
CHRISTINE CAROLINE,S.Psi,Psi, 19760929 200501 2 003
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2020-01-15 08:25:42 
Abstract :
ABSTRAK KURNIA ANTUNG JULEHA. 2019. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Cara Belajar yang Efektif siswa kelas XI di SMA Isen Mulang Palangka Raya. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya, Pembimbing: (I) Dr. Josef Dudi, M.Si ; Pembimbing (II) Christine Caroline, S.Psi, Psi. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Belajar Efektif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa dengan Cara Belajar yang Efektif Kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya, dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 12 orang siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket motivasi belajar siswa dan angket belajar efektif. Angket disebarkan pada siswa dan siswa mengisi sesuai dengan pilihan mereka. Sehingga diperoleh motivasi belajar siswa dengan skor rata-rata 31,3 yang tergolong kedalam kategori sedang dan belajar efektif dengan skor rata-rata 33,9 yang tergolong kedalam kategori tinggi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson untuk meneliti hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan cara belajar yang efektif kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya. Hal ini terbukti dari hasil penelitian dimana nilai korelasi Product Moment diperoleh harga rhitung sebesar 0,737, sedangkan harga rtabel dengan N=10 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,632. Jika di masukan kedalam kriteria keberartian korelasi Guilford 0,737 terletak pada kategori tinggi. Dengan demikian maka hasil hipotesis yang mengatakan bahwa?terdapat hubungan yang positif antara variabel motivasi belajar siswa dengan cara belajar yang efektif kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya diterima atau terbukti kebenarannya?. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya