DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK-NEGERI 2 PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Marsantoso, ACA 115 064
Walter Punding, 19590609 198503 1 001
Sugiharto, 19640322 199103 1 004
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2020-02-20 06:59:03 
Abstract :
Marsantoso 2019."Hubungan Kepribadian Peserta didik Dan Iklim Sekolah Dengan Hasil Belajar Matematika Siwa Kelas X SMK Negeri 2 Palangka Raya?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam, FKIP Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Drs.Walter Punding, M.Pd; (2) Dr. Sugiharto, M.Pd. Kata Kunci : Kepribadian Peserta didik, Iklim Sekolah, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika sebagian besar peserta didik di kelas X SMK Negeri 2 Palangka Raya yang belum mencapai KKM, kurangnya kepribadian peserta didik dan ikim sekolah terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut membuat peneliti ingin mengetahui: 1) koefisien hubungan kepribadian peserta didik dengan hasil belajar matematika. 2) Koefisien hubungan iklim sekolah dengan hasil belajar matematika. 3) Koefisien hubungan kepribadian peserta didik dan iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 semester genap yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 360 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah 190 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini angket dan tes. Sebelum digunakan instrumen diuji di sekolah yang sama yaitu SMK Negeri 2 Palangka Raya. Dari hasil ujicoba diperoleh untuk angket kepribadian peserta didik dari 40 pernyataan 28 valid dengan koefisien reliabilitas sebesar r_11 = 0,93, sedangkan untuk iklim sekolah dari 40 pernyataan 31 valid dengan koefisien reliabilitas sebesar r_11 = 0,94, dan untuk tes hasil belajar matematika dari 40 soal 31 valid dengan koefisien reliabilitas r_11 = 0,89. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis statistik parametrik untuk uji normalitas data kepribadian peserta didik diperoleh ?2hitung = 2,61, data iklim sekolah diperoleh ?2hitung = 5,77, dan data hasil belajar matematika ?2hitung = 3,22, sedangkan nilai pada tabel sebesar ?2tabel = 12,59. Setelah nilai-nilai ?2hitung dibandingkan dengan nilai ?2tabel karena data kepribadian peserta didik dan iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika memiliki nilai ?2hitung < ?2tabel, maka data ketiga variabel tersebut dinyatakan berdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan: (1) Ada hubungan positif kepribadian peserta didik terhadap hasil belajar matematika koefisien korelasinya sebesar r(x1y) = 0,19; (2) Tidak ada hubungan positif iklim sekolah dengan hasil belajar matematika, koefisien korelasinya sebesar r(x2y) = 0,05; (3) Ada hubungan positif kepribadian peserta didik dan iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika , koefisien korelasinya sebesar R(yx1x2) = 0,19. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya