DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Christiana Haryanti, ACA115076
Drs. Walter Punding, M.Pd, 19590609 198503 1 001
Dra. Pancarita, M.Pd, 19600921 198503 2 007
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-09-07 03:38:52 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika sebagian besar siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya yang masih tergolong rendah, kurangnya kesiapan belajar siswa dalam pelajaran matematika dan kurang optimalnya pemanfaatan fasilitas belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya. 2) Hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya. 3) Hubungan antara kesiapan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 337 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling yang pengambilan sampelnya dengan cara cluster random sampling, sehingga diambil 6 kelas sebagai sampel penelitian dengan jumlah 183 siswa. Teknik pengumpulan data kesiapan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar siswa diperoleh dengan pemberian angket, sedangkan hasil belajar matematika diperoleh dari pemberian tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan tes. Sebelum digunakan instrumen diuji coba pada sekolah yang sama di kelas VIII-1 yang berjumah 32 siswa. Dari hasil uji coba diperoleh untuk angket kesiapan belajar dari 40 pernyataan 28 valid dengan koefisien reliabilitas sebesar r_11 = 0,75 dengan kriteria tinggi, sedangkan untuk angket pemanfaatan fasilitas belajar dari 30 pernyataan 20 valid dengan koefisien reliabilitas sebesar r_11 = 0,77 dengan kriteria tinggi, dan untuk tes hasil belajar matematika dari 35 soal 30 valid dengan koefisien reliabilitas r_11 = 0,85 dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis statistik parametrik untuk uji normalitas data kesiapan belajar diperoleh ?2hitung = 7,80, data pemanfaatan fasilitas belajar diperoleh ?2hitung = 4,37, dan data hasil belajar matematika ?2hitung = 9,85. Adapun koefisien ?2tabel dengan dk = I ? 3= 5 yaitu 11,07. Koefisien-koefisien ?2hitung dibandingkan dengan ?2tabel, diperoleh ?2hitung ??2tabel yang berarti semua data berdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan: (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,28; (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,18; (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara kesiapan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,45. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya