DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 14 PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
CICI KHRISTINA MAMBAT, AFB116020
Esty Pan Pangestie, M.Psi, Psi, 19781026 200812 2 001
Nopi Feronika, S.Pd, M.Pd, 19851104 200812 2 002
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-09-07 03:37:22 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan pada siswa di SMPN 14 Palangka Raya dengan sampel 8 orang siswa (i), dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik pemberian tugas untuk meningkatkan kemandirian belajar berdasarkan indikator kemandirian belajar menurut Syaiful Bahri Djamarah, untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menyebarkan angket kemandirian belajar berdasarkan indikator teori kemandirian belajar. Berdasarkan hasil pemberian treatment dan perhitungan hasil eksperimen yang menggunakan pre-test dan post-test one grup desain pada efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik pemberian tugas untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa, diperoleh hasil dari t_(hitung )sebesar = 3,002. Hal ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik pemberian tugas efektif dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Yang berarti dapat dilihat dari hasil uji T dimana t_(tabel )(0,995) untuk tes dua ekor dengan t_s = 0,01 (3,499) dan t_(tabel )(0,975) untuk tes dua ekor dengan t_s = 0,05 (2,365), sedangkan hasil dari uji t/perbedaan dua mean diporelah angka 3,002, ini berarti bahwa t_(hitung )lebih besar dari pada t_(tabel ), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang efektif bimbingan kelompok dengan teknik pemberian tugas untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa yang berarti t_(hitung )> t_(tabel ). 
Institution Info

Universitas Palangka Raya