DETAIL DOCUMENT
PEMAHAMAN KONSEP TATA NAMA SENYAWA ANORGANIK HASIL PEMBELAJARAN METODE DISKUSI BERBANTUAN LKS PADA SISWA KELAS X-10 SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Rut Theresia Martha, ACC114004
Dra. Ruli Meiliawati, M.Pd, NIP. 19640501 1990022002
Dra. Sri Wahyutami, M.Si, NIP. 19580527198303 2 001
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-01-16 02:46:37 
Abstract :
ABSTRAK Martha, Rut Theresia. 2019. Pemahaman Konsep Tata Nama Senyawa Anorganik Hasil Pembelajaran menggunakan Metode Diskusi Berbantuan LKS pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 4 Palangka Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dra. Ruli Meiliawati, M.Pd (2) Dra. Sri Wahyutami, M.Si. Kata Kunci: Metode Diskusi, Pemahaman konsep, Lembar Kerja Siswa, Perubahan skor, Tata Nama Senyawa Anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman Konsep Tata Nama Senyawa Anorganik Hasil Pembelajaran menggunakan Metode Diskusi Berbantuan LKS pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 4 Palangka Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas X-10 SMA Negeri 4 Palangka Raya sebagai subjek penelitian. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dalam satu kali pertemuan. Data dijaring dengan menggunakan Metode Diskusi berbantuan LKS. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa sebelum dilaksanakannya pembelajaran metode diskusi berbantuan LKS sebesar rata-rata 1,39% meningkat menjadi ratarata sebesar 92,78% setelah pembelajaran menggunakan pembelajaran metode dskusi berbantuan LKS. Pemahaman konsep siswa tentang memberi nama senyawa anorganik biner berdasarkan unsur logam dan non-logam setelah diberikan pembelajaran adalah sebesar 91,7%, pemahaman konsep siswa tentang memberi nama senyawa anorganik biner berdasarkan unsur non-logam dan non-logam setelah diberikan pembelajaran adalah sebesar 88,9%, pemahaman konsep siswa tentang memberi nama senyawa ion berdasarkan rumus molekulnya, setelah diberikan pembelajaran sebesar 90,8%, pemahaman konsep siswa tentang memberi nama senyawa asam berdasarkan rumus molekulnya, setelah diberikan pembelajaran adalah sebesar 93,6%, dan pemahaman konsep siswa tentang memberi nama senyawa basa berdasarkan rumus molekulnya sebesar 93,6%. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya