DETAIL DOCUMENT
ANALISIS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMKN 3 PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Trisna Unika Aurellia Sidabutar, AFB116030
Drs. Sunaryo A.I., M.Pd, 195805041983031005
Nopi Feronika, S.Pd, M.Pd, 198511042008122002
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-09-07 03:36:52 
Abstract :
Trisna U A Sidabutar. 2020. Analisis Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMKN 3 Palangka Raya. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing (I) Drs.Sunaryo, M.Pd, (II) Nopi Feronika S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Bimbingan kelompok, teknik self management, kemandirian belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki kemandirian belajar yang rendah yaitu siswa yang sering diluar kelas saat jam kosong, siswa yang kurang percaya diri seperti takut saat presentasi dikelas, siswa yang tidak mampu bekerja sendiri, dan ada siswa yang tidak bertanggung jawab dalam mengumpulkan tugas. Gea (2003:195) mengatakan bahwa individu dikatakan mandiri apabila memiliki 4 ciri sebagai berikut: Percaya diri, mampu bekerja sendiri, menghargai waktu dan bertanggung jawab. Berdasarkan ciri-ciri kemandirian belajar tersebut peneliti memilih untuk menganalisis teknik self management sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMKN 3 Palangka Raya. Suhartini (dalam Makhfud, 2011: 33) self management adalah suatu prosedur yang menuntut seseorang untuk mengarahkan atau mengatur tingkah lakunya sendiri. Siswa dapat mengarahkan dan mengatur masalah perilaku kurangnya kemandirian belajar melalui prosedur management diri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang tidak mengadakan perhitungan, maksudnya data yang dikumpulkan tidak berwujud angka tetapi kata-kata. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Studi kepustakaan ini terkait dengan objek penelitian seperti buku-buku, jurnal atau artikel apa saja yang mendukung seluruh proses penelitian. Dari hasil kajian pustaka dan berbagai sumber relevan terkait teknik self management, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self management dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMKN 3 Palangka Raya. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya