DETAIL DOCUMENT
IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KOMPOSISI FUNGSI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Wenty Valentina Sunny D.Manik, ACA116047
Drs. Rhodinus Sidabutar, M.Pd, 19600429 198710 1 001
Drs. Walter Punding, M.Pd, 19590609 198503 1 001
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-09-07 03:36:16 
Abstract :
Manik, Wenty Valentina Sunny Day. 2020: Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Komposisi Fungsi pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Palangka Raya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Drs. Rhodinus Sidabutar, M.Pd, (2) Drs. Walter Punding, M.Pd Kata Kunci: Identifikasi Kesalahan, Komposisi Fungsi Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa kelas XI-DPIB melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi komposisi fungsi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI-DPIB SMK Negeri 1 Palangka Raya dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi. 2) mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas XI-DPIB SMK Negeri 1 Palangka Raya dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester ganjil tahun 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-DPIB SMK Negeri 1 Palangka Raya 2020/2021 dari 33 siswa hanya 23 siswa yang mengikuti tes sedangkan 10 siswa lainnya tidak merespon dan sebagian beralasan terkendala jaringan dikarenakan berada di kampung kemudian diambil 3 siswa untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Proses pengambilan data tes dan wawancara dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Metting dan WhatsApp Messanger . Tes dalam penelitian ini berupa 5 butir soal komposisi fungsi. Soal tes sebelum digunakan terlebih dahulu di telaah oleh tiga orang raters yang terdiri dari dua orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Palangka Raya dan satu orang guru Matematika SMK Negeri 1 Palangka Raya dengan hasil bahwa semua butir soal dapat digunakan. Analisis data yang digunakan dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi meliputi: 1) kesalahan fakta, yaitu salah dalam menuliskan apa yang diketahui, 2) kesalahan konsep yaitu tidak memahami materi prasyarat yaitu fungsi, dan tidak memahami konsep komposisi fungsi, 3) kesalahan operasi yaitu salah dalam mengoperasikan bilangan dengan variabel, bilangan negatif, dan bilangan dalam tanda kurung, 4) kesalahan prinsip yaitu siswa tidak mengetahui definisi komposisi fungsi dan sifat-sifat komposisi fungsi. Faktor penyebab dari internal siswa adalah:1) kurang memahami soal dengan baik, 2) kurang memahami materi fungsi dan komposisi fungsi, 3) kurang mengetahui definisi komposisi fungsi, 4) kurang mengetahui sifat-sifat komposisi fungsi, 5) kurangnya menguasai operasi hitung aljabar yaitu subsitusi, 6) tidak memiliki catatan materi komposisi fungsi. Faktor penyebab dari eksternal siswa adalah: 1) guru kurang memiliki variasi strategi dan metode pembelajaran daring yang menarik, 2) jaringan yang susah dijangkau siswa yang berada di kampung. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya