Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Isma Damayantie, AFB116027
Esty Pan Pangestie, M.Psi, Psi, 19781026 200812 2 001
Nopi Feronika, S.Pd, M.Pd, 19851104 200812 2 001
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2022-09-07 03:36:10
Abstract :
Isma Damayantie. 2020. Analisis Konseling Kelompok Dengan Teknik Self
Control Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII-B Di
MTsN 2 Palangka Raya. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing (I) Esty Pan
Pangestie, M.Psi, Psi, (II) Nopi Feronika, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Konseling kelompok, dengan teknik self control, kedisiplinan
belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih banyak memiliki
rendahnya kedisiplinan belajar dalam proses kegiatan belajar, siswa terlambat
masuk kelas, siswa sering keluar masuk kelas disaat proses pelajaraan masih
berlangsung, siswa membolos pada kegiatan belajar belum selesai, dan juga siswa
sering tidak mengumpulkan tugas ataupun PR. Penelitian ini dilakukan oleh
peneliti untuk menganalisis konseling kelelmpok dengan teknik self control
untuk. meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-B di MTsN 2 Palangka
Raya.
Menurut C Lark (2015) ?Kedisiplinan merupakan salah satu cara untuk
membantu peserta didik untuk mengembangkan kontrol diri, membantu peserta
didik mengenali perilaku yang salah, mendorong, membimbing dan membantu
dalam memperoleh rasa kepuasan karena kesetiaan dan kepatuhan terhadap aturan
yang ada, self control tinggi adalah yang tekun dan tetap bertahan dengan
tugas yang harus dikerjakan, walaupun menghadapi dengan banyak hambatan,
dapat mengubah perilaku menyesuaikan dengan aturan dan norma yang
berlaku dimana ia berada, tidak menunjukkan perilaku emosional atau
meledak-ledak dan bersifat toleransi atau dapat menyesuaikan diri terhadap
situasi yang tidak terduga (Aroma, 2012). Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yang tidak mengadakan perhitungan, maksudnya data yang dikumpulkan
tidak berwujud angka tetapi kata-kata. Penelitian ini menggunakan metode
kepustakaan (library research). Studi kepustakaan ini terkait dengan objek
penelitian seperti buku-buku, jurnal atau artikel apa saja yang mendukung seluruh
proses penelitian.
Berdasarkan studi kepustakaan yang didapatkan dari berbagai literatur
baik buku, jurnal dan skripsi dari repository perguruan tinggi, semua peneliti an
yang menggunakan teknik self control membuktikan bahwa tingkat keberhasilan
dalam penelitian sangat efektif untuk digunakan. Begitu pula peneliti
menyimpulkan bahwa Analisis Konseling kelompok dengan Teknik self control
dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-B di MTsN 2 Palangka
Raya.