DETAIL DOCUMENT
ANALISIS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-B DI MTsN 2 PALANGKA RAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Isma Damayantie, AFB116027
Esty Pan Pangestie, M.Psi, Psi, 19781026 200812 2 001
Nopi Feronika, S.Pd, M.Pd, 19851104 200812 2 001
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-09-07 03:36:10 
Abstract :
Isma Damayantie. 2020. Analisis Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Control Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII-B Di MTsN 2 Palangka Raya. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing (I) Esty Pan Pangestie, M.Psi, Psi, (II) Nopi Feronika, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Konseling kelompok, dengan teknik self control, kedisiplinan belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih banyak memiliki rendahnya kedisiplinan belajar dalam proses kegiatan belajar, siswa terlambat masuk kelas, siswa sering keluar masuk kelas disaat proses pelajaraan masih berlangsung, siswa membolos pada kegiatan belajar belum selesai, dan juga siswa sering tidak mengumpulkan tugas ataupun PR. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk menganalisis konseling kelelmpok dengan teknik self control untuk. meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-B di MTsN 2 Palangka Raya. Menurut C Lark (2015) ?Kedisiplinan merupakan salah satu cara untuk membantu peserta didik untuk mengembangkan kontrol diri, membantu peserta didik mengenali perilaku yang salah, mendorong, membimbing dan membantu dalam memperoleh rasa kepuasan karena kesetiaan dan kepatuhan terhadap aturan yang ada, self control tinggi adalah yang tekun dan tetap bertahan dengan tugas yang harus dikerjakan, walaupun menghadapi dengan banyak hambatan, dapat mengubah perilaku menyesuaikan dengan aturan dan norma yang berlaku dimana ia berada, tidak menunjukkan perilaku emosional atau meledak-ledak dan bersifat toleransi atau dapat menyesuaikan diri terhadap situasi yang tidak terduga (Aroma, 2012). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang tidak mengadakan perhitungan, maksudnya data yang dikumpulkan tidak berwujud angka tetapi kata-kata. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Studi kepustakaan ini terkait dengan objek penelitian seperti buku-buku, jurnal atau artikel apa saja yang mendukung seluruh proses penelitian. Berdasarkan studi kepustakaan yang didapatkan dari berbagai literatur baik buku, jurnal dan skripsi dari repository perguruan tinggi, semua peneliti an yang menggunakan teknik self control membuktikan bahwa tingkat keberhasilan dalam penelitian sangat efektif untuk digunakan. Begitu pula peneliti menyimpulkan bahwa Analisis Konseling kelompok dengan Teknik self control dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-B di MTsN 2 Palangka Raya. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya