DETAIL DOCUMENT
penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior teraphy untuk mengentaskan self esteem yang rendah pada siswa MAN Kota Palangka Raya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
sri rahayu, AFB115007
Prof. Dr Helmuth Y. Bunu, M.Pd, 195001011976031002
Romiaty, S.Psi, M.Pd, Psi, 19770505 200812 2 001
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2020-01-20 10:19:05 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa kelas XI MAN Kota Palangka Raya yang memiliki tingkat self esteem yang rendah, yang ditandai dengan perilaku takut jika tidak dapat menjawab pertanyaan akan di tertawakan temannya dan di anggap bodoh, selalu merasa bahwa dirinya tidak bisa, merasa bahwa teman-temannya tidak ada yang menghiraukan dirinya sehingga tidak ingin melibatkan dirinya dalam suatu kegiatan, selain itu siswa merasa tidak mampu melakukan sesuatu hal yang lebih besar lagi atau keluar dari zona aman siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy (REBT) untuk mengentaskan self esteem siswa yang rendah di MAN Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memungkinkan diperolehnya gambaran dan menjelaskan fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 4 (empat) orang siswa yang memiliki self esteem yang rendah di kelas XI MAN Kota Palangka Raya. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti mengetahui bahwa setelah di berikan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy (REBT) terjadi perubahan yang efektif terhadap siswa yang memiliki masalah self esteem yang rendah. Diantaranya berani menyampaikan pendapat, bangga dengan hasil kerjanya sendiri, lebih mandiri, juga tidak mudah marah. Maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy dapat mengentaskan self esteem siswa kelas XI di MAN Kota Palangka Raya. 
Institution Info

Universitas Palangka Raya