Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Ira Iryani, AFB115018
Drs. Merson U Sangalang, M.Pd, 195402171980031003
Mimi Suriatie, S.Pd.,M.Pd, 198205272006042001
Subject
BF Psychology
Datestamp
2020-01-20 10:19:09
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pelatihan kesadaran multikultiral siswa dengan teknik sinema edukasi. Panduan yang dikembangkan, dinyatakan layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ujicoba siswa SMA Isen Mulang Palangka Raya, agar dapat memudahkan siswa dalam memahami kesadaran multikultural dari segi pengetahuan, kesadaran, dan keterampilan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan mengacu pada Borg & Gall. Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan panduan pelatihan kesadaran multikultural sebagai berikut : a) tahap pengumpulan informasi; b) tahap perencanaan; c) tahap pengembangan; d) tahap validasi dan ujicoba. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan instrumen/kuesioner. Instrumen/kuesioner yang dianalisis secara deskriptif. Subjek ujicoba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli materi serta subjek siswa kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya sebagai calon pengguna produk.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada validasi ahli materi, dapat diketahui skor berjumlah 80, rerata skor 3,6, rentang skor 67,00 < X ? 83,00 dalam kategori baik, Uji coba mahasiswa perorangan dapat diketahui skor berjumlah 151,06, rerata skor 4,9 rentang skor 67,00 < X ? 83,00 dalam kategori sangat baik, Uji coba kelompok kecil pre-test 1288 dan post-test 1467 dikategorikan tinggi. Hasil uji hipotesis taraf kepercayaan ? = 5 % dengan dk = 8-1 diperoleh t table = 2,262. Besarnya t hitung = 10,232 melebihi harga t table; 5% yakni 2,262. Dapat disimpulkan bahwa data kesadaran multikultural signifikan dan hipotesisi penelitian (ha) dapat diterima. Dengan demikian bimbingan kelompok teknik sinema edukasi dapat meningkatkan kesadaran multikultural siswa kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya.