Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
LISAH, AFB115017
Drs.Merson U Sangalang, M.Pd, 19540217198003
Romiaty, S.Psi, M.Pd, Psi, 19770505 200812 2 001
Subject
QA Mathematics
Datestamp
2020-01-22 04:55:30
Abstract :
Lisah. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Layanan
Informasi Dengan Penggunaan Media Audio Visual pada Siswa. Skripsi; Program Studi Bimbingan dan Konseling; Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Palangka Raya.
Pembimbing(1) Drs. Merson U Sangalang, M.Pd; Pembimbing (2)Romiaty, S.Psi, Psi, M.Pd
Kata Kunci : Layanan Informasi, Audio Visual, Perencanaan Karir
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karir melalui layanan informasi dengan penggunaan Media Audio Visual pada Siswa.Perencanaan karir menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi siswa untuk masa depan mereka dapat terarah dengan baik sesuai, bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki masing-masing.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Penelitian yang digunakan adalan penelitian true eksperimen dengan pretest-posttest group control desain. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perencanaan karir yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakat Uji-T berpasangan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil Penggunaan Bimbingan Kelompok melalui layanan informasi dengan media Audio Visual sebelum diberi teatment hasil pretest 56,5, setelah diberi treatment berubah menjadi 81,5 dengan peningkatan dari hasil pretest dan posttest adalah 25. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan yang baik antara pretest dan posttest.
Dengan rincian hasil perindikator, indikator 1 (satu) sebelum diberi treatment 45, setelah diberi treatment dengan media audio visual meningkat menjadi 65, terjadi peningkatan 20. Indikator 2 (dua) sebelum diberi treatment 45, setelah diberi treatment dengan media audio visual meningkat menjadi 64,6, terjadi peningkatan 19,6. Indikator 3 (ketiga), sebelum diberi treatment 45, setelah diberi treatment dengan media audio visual meningkat menjadi 62,5, terjadi peningkatan 17,5. Indikator 4 (empat ), sebelum diberi treatment 45, setelah diberi treatment dengan media audio visual meningkat menjadi 67, dan terjadi peningkatan 22.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji-t berpasangan untuk membuktikan hipotesis pada taraf signifikan 0,05 jika t hitung< ttabelpada db n-1 diketahui bahwa thitung=-68,465 dan ttabel =-2,571. Ini berarti t hitung< ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok Melalui Layanan Informasi Dengan Penggunaan Media Audio Visual dapat Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa.