Institusion
Universitas Palangka Raya
Author
Muhammad Akbar Wibisono, AFB115001
Drs. Sunaryo A.I., M.Pd, 195805041983031005
Oktamia Karuniaty. S,M.Pd, 198410142008122001
Subject
BF Psychology
Datestamp
2020-01-21 04:39:53
Abstract :
ABSTRAK
M. Akbar Wibisono 2019. Upaya Meningkatkan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Di Kelas IX-B MTs Muslimat NU Palangkaraya.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Teknik Self Management,Prestasi Belajar, Kebiasaan Belajar
Penelitian ini dilakukan di MTs Muslimat NU Palangka Raya berdasarkan pada fenomena yang terjadi di sekolah yang menunjukkan rendahnya prestasi belajar dan kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah keberhasilan bimbingan kelompok Teknik self-management dalam meningkatkan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Jumlah sampel penelitian 10 siswa kelas IX-B MTs Muslimat NU Palangka Raya. Hipotesis yang diajukan adalah dapatkah bimbingan kelompok teknik self-management untuk meningkatkan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Perhitungan hasil yang menggunakan pre-test dan post-test one group design. Teknik pengumpulan data menggunakkan angket kebiasaan belajar dan legger nilai hasil prestasi belajar yang dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan Uji-T berpasangan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penggunaaan bimbingan kelompok melalui layanan bimnbingan kelompok dengan teknik self-management sebelum diberi treatment hasil pretest kebiasaan belajar 50 setelah diberi treatment berubah menjadi 68,5 dengan peningkatan 18,5 Sedangkan untuk nilai hasil prestasi belajar sebelum diberi treatment hasil legger pretest 70,1 setelah diberi treatment berubah menjadi 76,46 dengan peningkatan 6,36. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan yang baik antara pretest dan posttest.
Dengan rincian perindikator kebiasaan belajar 1 (satu) sebelum diberi treatment 54,4% dan setelah diberi treatment meningkat menjadi 69,7% terjadi peningkatan 15,3%. Indikator 2 (dua) sebelum diberi treatment 50% setelah diberi treatment menjadi 64,5% terjadi peningkatan 14,5%. Indikator 3 (tiga) sebelum diberi treatment 52,5% setelah diberi treatment menjadi 64% terjadi peningkatan 11,5%. Indikator 4 (empat) sebelum diberi treatment 55% setelah diberi treatment menjadi 66,6% terjadi peningkatan 11,6%. Indikator 5 (lima) sebelum diberi treatment 47% setelah diberi treatment menjadi 61,6% terjadi peningkatan 14,6%.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan hasil uji hipotesis signifikan 0,05 jika t hitung < t tabel db n-2 diketahui bahwa thitung kebiasaan belajar -9,6214 dan ttabel -2,262. Ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha¬ diterima sehingga disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan menggunakkan teknik self-management dapat meningkatkan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa.