DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Pokok Bahasan Statistika SMP Negeri 18 Tegal Tahun Pelajara
Total View This Week45
Institusion
Universitas Pancasakti
Author
Zumaroh, Sani
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-10-08 04:25:34 
Abstract :
SANI, ZUMAROH. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Pokok Bahasan Statistika SMP Negeri 18 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019)” Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Rizqi Amaliyakh S.,M.Pd. Pembimbing II Drs. Paridjo,M.Pd. Kata kunci : Keefektifan, make a match, kemampuan penalaran matematis, motivasi belajar matematika Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran make a match mencapai target, (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran make a match lebih baik dibandingkan model ekspositori, (3) motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran make a match lebih baik dibandingkan menggunakan model ekspositori, (4) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran make a match dibandingkan dengan model ekspositori, (5) kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran make a match efektif dibandingkan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 160 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas eksperimen, satu kelas kontrol, dan satu kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis dan angket motivasi belajar matematika yang telah teuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, MANOVA kemudian τ^2-Hotelling setelah berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran make a match mencapai target, 2) kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran make a match lebih baik dibandingkan model ekspositori, (3) motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran make a match lebih baik dibandingkan menggunakan model ekspositori, (4) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran make a match dibandingkan dengan model ekspositori, (5) kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran make a match efektif dibandingkan model ekspositori. 
Institution Info

Universitas Pancasakti