DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN ADOBE FLASH TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pela
Total View This Week46
Institusion
Universitas Pancasakti
Author
Chilmi, Fina Idamatul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-10-08 04:25:37 
Abstract :
CHILMI, FINA IDAMATUL. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Adobe Flash Terhadap Minat Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Kubus dan Balok)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd Kata Kunci : Course Review Horay (CRH), Adobe Flash, Minat Belajar Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan : (1) kemampuan pemecahan masalah yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash yang nilainya ≥ KKM melampaui 60 %. (2) minat yang diajar model pembelajaran Course CRH berbantuan Adobe Flash lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran CRH. (3) kemampuan pemecahan masalah yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran CRH. (4) ada perbedaan minat dan kemampuan pemecahan masalah antara yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash dengan yang diajar model pembelajaran CRH. (5) minat dan kemampuan pemecahan masalah yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran CRH. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Talang Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 288 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling yang didapat kelas VIII C sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII F sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VIII A sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Intsrumen penelitian berupa angket minat belajar matematika dan kemampuan pemecahan maalah matematika yang telah diuji validitas, reliablitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Proporsi Pihak Kanan, Uji-t Satu Pihak Kanan, Uji Manova, dan Uji τ^2- Hotelling. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kemampuan pemecahan masalah yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash yang nilainya ≥ KKM melampaui 60 %. (2) minat belajar yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran CRH. (3) kemampuan pemecahan masalah yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran CRH. (4) ada perbedaan antara minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash dengan yang diajar model pembelajaran CRH. (5) Minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah yang diajar model pembelajaran CRH berbantuan Adobe Flash lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran CRH. 
Institution Info

Universitas Pancasakti