DETAIL DOCUMENT
KARAKTER TOKOH NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
Total View This Week59
Institusion
Universitas Pancasakti
Author
Saharani, Khikamah Wati
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2019-10-08 04:26:25 
Abstract :
WATI, SAHARANI KHIKMAH. 2019. Karakter Tokoh Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari dan Implikasi Pembelajarannya di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr.Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci : Novel, Karakter, Tokoh, Implikasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana karakter tokoh yang ada dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dan implikasi pembelajaran analisis karakter tokoh novel Ronggeng Dukuh Paruk di SMA. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dikumpulkan sejumlah data berupa kutipan-kutipan yang mengandung penggambaran karakter tokoh dalam novel tersebut.Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif secara keseluruhan memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikannya dalam bentuk deskripsi. Dalam ilmu sastra, metode kualitatif sumber datanya adalah karya, naskah, data penelitiannya, sebagai data formal adalah kata-kata, kalimat, dan wacana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik ekspositori dan teknik dramatik. Teknik penyajian data hasil analisis pada penelitian ini yaitu formal. Hasil penelitian ini menunjukkan karakter tokoh-tokoh yang terdapat dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 42 tokoh dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Karakter yang ditemukan berjumlah 46 karakter dari 118 data yang berupa kutipan-kutipan kalimat maupun dialog dalam novel yang menunjukkan karakter dari setiap tokoh yang ada dalam novel tersebut. Penelitian ini cocok digunakan di kelas 12 SMA semester 2 pada Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru yaitu sebagai salah satu alternatif pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam membuat karya sastra. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pembaca maupun penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan karakter tokoh novel. 
Institution Info

Universitas Pancasakti