DETAIL DOCUMENT
PENCAPAIAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING DENGAN MEDIA VISUAL (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP N 13 Kota Tegal Tahun Ajar 2018/2019 Materi Pokok Aritmetika Sosial)
Total View This Week56
Institusion
Universitas Pancasakti
Author
Rodita, Aldila Mutiara
Subject
HA Statistics 
Datestamp
2019-10-23 03:46:30 
Abstract :
RODITA, ALDILA MUTIARA. 2019, “Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Metode Outdoor Learning Dengan Media Visual (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 13 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 Pada Materi Pokok Aritmetika Sosial)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Isnani,M.Si.,M.Pd Pembimbing II Wikan Budi Utami,M.Pd Kata kunci: Outdoor Learning, Media Visual, Kemampuan Komunikasi Matematis,Aktivitas Peserta Didik, Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan(1) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar mengunakan metode Outdoor Learning dengan media visual mencapai target, (2) keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan metode Outdoor Learning dengan media visual mencapai kriteria keaktifan sebesar 75%, (3) keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan metode Outdoor Learning dengan media visual berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis (4) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan metode Outdoor Learning dengan media visual lebih baik daripada metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tegal semester II tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 240 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan adalah Instrumen tes,observasi dan angket. Analisis data menggunakan uji proporsi dilanjut uji t, presentase, uji regresi linier sederhana dan uji t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar mengunakan metode Outdoor Learning dengan media visual mencapai target, (2) Keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan metode Outdoor Learning dengan media visual mencapai kriteria keaktifan sebesar 75%, (3) Keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan metode Outdoor Learning dengan media visual berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan metode Outdoor Learning dengan media visual lebih baik daripada metode konvensional. 
Institution Info

Universitas Pancasakti