DETAIL DOCUMENT
Pengaruh dimensi perilaku kepemimpinan transformasional terhadap komitmen karyawan pada pelayanan pelanggan (studi empiris pada karyawan Hotel Merdeka Madiun)
Total View This Week21
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Author
Ady, M. Hendy Setyo
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2019-08-15 02:12:18 
Abstract :
Penelitian ini menitikberatkan pada tinjauan mengenai pengaruh perilaku kepemimpinan transformasional terhadap komitmen karyawan dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah faktor perilaku inisiasi struktur yang menjelaskan dan situasional, perilaku konsiderasi yang memantapkan kelompok, kompetensi atasan yang berwawasan luas, dan pertanggungjawaban ke bawah secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen karyawan Hotel Merdeka Madiun pada pelayanan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan, kecuali manajer puncak Hotel Merdeka Madiun yang berjumlah 99 orang dan telah bekerja sekurang-kurangnya satu tahun dengan berbagai tingkat pendidikan. Karena jumlah populasi dalam penelitian ini relatif kecil, yaitu sebanyak 99 orang dan supaya hasil penelitian ini dapat lebih dipercaya, peneliti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan obyek penelitian, maka seluruh populasi digunakan sebagai sampel dengan menggunakan sampling jenuh sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sedangkan penelitian ini dilakukan bulan September 2007. Metodologi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan (field study) dengan metode survei. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis (hypotheses testing). Unit analisis dalam penelitian ini adalah unit analisis tingkat organisasional. Horison waktu dalam penelitian ini merupakan studi satu tahap (One Step Study) yaitu penelitian yang datanya dikumpulkan sekaligus. Teknik pengumpulan data adalah berupa kuesioner, studi pustaka (Library Research), interview dan observasi. Teknik analisis penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas Data, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Uji Multikolinieritas), Analisis Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi Berganda (R²), Koefisien Korelasi (R) dan Uji Hipotesis (Uji F dan Uji t). Penelitian ini menemukan bukti bahwa komitmen bawahan dalam pelayanan kepada pelanggan dipengaruhi secara positif oleh perilaku inisiasi struktur yang menjelaskan dan situasional, konsiderasi yang memantapkan kelompok, perilaku kompetensi atasan yang berwawasan luas, dan perilaku pertanggungan jawab ke bawah dari atasan. Untuk meningkatkan komitmen karyawan Hotel Merdeka Madiun pada pelayanan pelanggan, manajer perlu lebih meningkatkan perilaku-perilaku yang ada dalam dimensi kepemimpinan transformasional agar komitmen karyawan dalam melayani pelanggan dapat maksimal dan kepuasan pelanggan dapat terus terbina. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun