DETAIL DOCUMENT
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility
Total View This Week72
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Winarto, Kezia
Subject
Accounting 
Datestamp
2020-02-19 05:39:17 
Abstract :
CSR adalah komitmen perusahaan dalam melakukan etika keperilakuan serta memberikan kontribusinya untuk membangun perekonomian secara berkesinambungan. Kegiatan CSR diungkapkan perusahaan karena adanya beberapa faktor, seperti, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan mekanisme tata kelola yang terdiri dari komite audit, dewan komisaris, kepemilikan institusional, dan kepemilikan publik. Penelitian ini mempunyai desain penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2015-2018. Teknik penyampelan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, dan kepemilikan publik tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hal ini membuktikan bahwa ukuran perusahaan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya