DETAIL DOCUMENT
Keberhasilan layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari rasio konselor siswa tidak ideal dan minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah
Total View This Week12
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Putra, Derva Olvan Natanael
Subject
Faculty of Teacher Training and Education 
Datestamp
2021-09-13 06:23:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan menganalisis Keberhasilan Layanan BK ditinjau dari Rasio Konselor Siswa Tidak Ideal dan Minat Siswa Memanfaatkan Layanan BK di Sekolah. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Pulung, Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 sejumlah 719 siswa. Sampel 120 siswa dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling. Data diperoleh menggunakan metode angket dan wawancara. Penulis mengajukan empat rumusan masalah: 1) Bagaimana gambaran tingkat keberhasilan layanan BK di SMAN 1 Pulung, Ponorogo?. 2) Bagaimana gambaran minat siswa memanfaatkan layanan BK di SMAN 1 Pulung, Ponorogo?. 3) Apakah rasio konselor siswa tidak ideal mempengaruhi tingkat keberhasilan layanan BK?. 4) Apakah minat siswa memanfaatkan layanan BK mempengaruhi tingkat keberhailan layanan BK?. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan chi square. Dengan hasil: 1) Gambaran tingkat keberhasilan layanan BK di SMAN 1 Pulung, Ponorogo masuk dalam kategori tinggi (76,4%). 2) Gambaran minat siswa memanfaatkan layanan BK di SMAN 1 Pulung, Ponorogo masuk dalam kategori tinggi (68,3%). 3) Rasio konselor siswa tidak ideal tidak berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan layanan BK di SMAN 1 Pulung, Ponorogo. 4) Hipotesis “Minat siswa memanfaatkan layanan BK berpengaruh terhadap keberhasilan layanan BK” diterima. Dengan nilai chi kuadrat hitung > chi kuadrat tabel (8,415>3,841) dan p(sign)<0,05 (0,004<0,05). 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya