Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Yohanes Aryanto Purnama Putra (STUDENT ID : yohanesaryanto93@gmail.com)
Subject
Business
Datestamp
2017-02-03 02:14:19
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan antara variabel experiential marketing terhadap customer loyalty
melalui customer satisfaction padaHotel Inna Simpang di Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif yang diartikan sebagai penelitian yang berlandaskan pada filsafat
positivisme, digunakna untuk meneliti populasi atau sampel tertentu. Teknik
yang digunakan adalah nonprobability sampling. Sampel yang digunakan
berjumlah 150 responden dari seluruh Konsumen Hotel Ina Simpang di
Surabaya.Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah
Structrural Equation Model (SEM).
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) experiental berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, (2) experiential
marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty, (3)
Customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer
loyalty, dan (4) experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan
terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction.
Saran Akademis adalah Menyadari keterbatasan yang ada dalam
penelitian ini maka untuk penelitian di masa yang akan datang disarankan
menambah variabel yang mempengaruhi experiential marketingdan cutomer
satisfaction, khususnya dalam industri pariwisata terutama hotel.
Saran Praktis yang di ajukan adalah Manajemen Hotel Inna Simpang di
Surabaya harus dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen akan
dekorasi yang sangat menarik, menyajikan suara musik yang nyaman,
memiliki citra sebagai tempat mempertemukan keluarga dan teman,
memiliki dekorasi ruang tamu yang menginspirasi rasa ingin tahu,
mengekspoitasi kegiatan-kegiatan yang menarik perlu dilakukan agar
konsumen tidak bosan, dan kepuasan konsumen harus terus dijaga guna
menciptakan pelanggan loyal yang berguna untuk menambah pendapatan.