Abstract :
Pada era globalisasi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha dirasakan bertambah pesat, hal ini juga diikuti dengan tingkat persaingan usaha yang semakin ketat yang menuntut perusahaan untuk lebih berkembang. Dengan semakin berkembangnya perusahaan, maka fungsi pengendalian menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Untuk itu manajemen memerlukan suatu alat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pengendalian yang disebut pengendalian internal. Human Resources Development (HRD) & General Affair (GA) merupakan salah satu departemen yang bertanggung jawab terhadap pengendalian internal di dalm perusahaan, departemen ini membawahi semua aktivitas yang berhubungan dengan kepegawaian dan juga kegiatan umum lainnya untuk menunjang aktivitas perusahaan. Salah satu tanggung jawab departemen ini adalah menjalankan sistem penggajian untuk mendukung pengendalian internal di dalam perusahaan.
Perusahaan yang diteliti dalam penelitian ini adalah PT Subaindo Cahaya Polintraco yang merupakan perusahaan manufaktur dan trading yang bergerak di bidang furniture. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa tidak adanya Prosedur Operasional Standar pada sistem penggajian yang menyebabkan pengendalian internal yang dijalankan di dalam perusahaan menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu pemagang ingin membantu dengan memberikan usulan berupa perancangan prosedur operasional standar pada sistem penggajian sehingga dapat menjadi dasar dan acuan kerja.