DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja pasar perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Author
Fransiska Niken Bellinda (STUDENT ID : niken.bellinda@yahoo.com)
Subject
Accounting 
Datestamp
2017-02-06 02:20:47 
Abstract :
Profitabilitas yang tinggi mendorong perusahaan untuk melakukan dan mengungkapkan corporate social responsibily (CSR. Pengungkapan CSR dilakukan perusahaan sebagi salah satu cara untuk mempengaruhi keputusan investor dalam melakukan investasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji dan menganalisis pengungkapan corporate social responsibility (CSR) berpengaruh terhadap kinerja pasar perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Kinerja pasar diproksikan dengan return saham dan diukur dengan abnormal return, sedangkan profitabilitas diproksikan dengan return on assets (ROA). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pengujian hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan yahoo finance. Objek penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2015, sedangkan sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regeresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas sebagai variabel moderasi tidak mampu mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR dengan kinerja pasar perusahan. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya