Abstract :
Setiap perusahaan memiliki tujuan yang sama yaitu
mendapatkan keuntungan, meningkatkan nilai perusahaan, dan
mensejahterakan pemegang saham. Namun untuk mencapai tujuan
tersebut tidaklah mudah, persaingan saat ini yang semakin ketat
mengharuskan perusahaan bekerja ekstra giat dan inovasi baru dan
ide-ide segar dibutuhkan untuk membuat perusahaan berbeda dan
lebih unggul. Selain itu, struktur modal perusahaan merupakan
elemen penting dalam mencapai kesuksesan tersebut karena modal,
penggunaan, dan sumbernya sangat penting bagi perusahaan.
Penggunaan utang maupun ekuitas disebut leverage perusahaan
yang akan mempengaruhi struktur modal perusahaan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel ukuran perusahaan,
profitabilitas, risiko bisnis, dan tingkat pertumbuhan terhadap
tingkat leverage dengan perusahaan dalam industry barang
konsumsi sebagai objeknya dengan periode penelitian selama 3
tahun (2009-2011).
Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan
hipotesis. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling, sampel berjumlah 25 perusahaan, data yang digunakan
adalah data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan. Teknik
analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan fixed effect
model. Analisis ini digunakan untuk melihat seberapa besar
pengaruh dan arah pengaruh dari tiap-tiap variabel bebas terhadap
leverage perusahaan secara spesifik. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif namun
tidak signifikan terhadap leverage. Sedangkan profitabilitas dan
tingkat pertumbuhan mempengaruhi leverage secara negative dan
signifikan, dan risiko bisnis mempengaruhi leverage secara positif
signifikan.