Abstract :
Perusahaan pada umumnya berupaya meningkatkan kinerjanya untuk
bersaing diadalam persaingan usaha yang cukup ketat. Hal ini juga dirasakan para
pelaku bisnis dibidang jasa pengiriman seperti PT. J&T Cabang Sumenep.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan harga
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan secara parsial.
Variabel dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan (X1), Harga (X2) ,
Loyalitas (Y) dan Kepuasan Pelanggan (Z). Dengan menggunakan tehnik
pengambilan sampel yaitu Non Probability Sampling dengan jenis accidental
sampling dengan 80 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
jalur meliputi : Uji Validitas dan reliabilitas, Uji asumsi klasik, Analisis Jalur,
Pengujian Hipotesis ( Uji t), serta koefisien determinasi (R2).
Hasil peneklitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Kepuasan
pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dan
kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, Harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan sebagai variabel
intervening.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Harga, Loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan.