Abstract :
Kelengkapan produk bagi sebuah pasar swalayan merupakan faktor yang
penting untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Semakin lengkap sebuah
pasar swalayan maka semakin memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Selain kelengkapan, harga yang terjangkau oleh pelanggan, fasilitas pelayanan
pasar swalayan yang baik dan sikap pramuniaga yang sopan dan ramah
merupakan pertimbangan-pertimbangan yang mempengaruhi tingkat loyalitas
pelanggan untuk melakukan pembelian secara terus-menerus di suatu pasar
swalayan. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apakah kelengkapan produk
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Swalayan NU? (2) Apakah harga
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Swalayan NU? (3) Apakah kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Swalayan NU? (4) Apakah
kelengkapan produk, harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan di Swalayan NU. Penelitian ini merupakan penelitian
dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan
lapangan.Penelitian ini dilakukan pada pelanggan yang melakukan pembelian di
Swalayan NU Kabupaten Sumenep, dengan banyaknya sampel yang digunakan
sebanyak 80 orang responden. Teknik pengujian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
bersama-sama kelengkapan produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan di Swalayan NU Kabupaten Sumenep. Secara parsial
variabel kelengkapan produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan di Swalayan NU Kabupaten Sumenep.
Kata Kunci : Kelengkapan Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas
Pelanggan