Abstract :
Strategi promosi merupakan salah satu cara untuk memberi tahu kepada
masyarakat mengenai apa yang ingin kita punya seperti produk atau jasa.
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi apa
yang yang digunakan sampai mendapatkan prestasi dan pertumbuhan yang sangat
pesat dan bagaimana langkah selanjutnya dalam melakukan strategi promosi pada
obyek wisata pantai sembian.
Penelitian ini dilakukan pada obyek Wisata Pantai Sembilan pulau Gili
Genting Kabupaten Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif dengan metode purposiye sampling. Dengan Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT Matriks EFE dan EFI
untuk menganalisis Faktor-faktor Eksternal Dan Internal untuk mendapatkan
sebuah jalan untuk meraih kesuksesan.
Hasil penelitian ini menujukkanbahwa strategi peomosi yang dilakukan
oleh pengelola mempunyai dampak yang sangat baik karena kunjungan wisata
sangat banyak, masalah yang terdapat di lokasi system jaringan dan bentuk
promosi yang belum dilakukan secara menyeluru, hasil pencapaian akan semakin
meningkat apabila sistem jaringan dan promosi yang lain digunakan secara
maksimal.
Kata Kunci: Strategi, Promosi, Analisis SWOT, Metriks EFE dan EFI