Abstract :
Permasalahan yang dijumpai berkaitan dengan keputusan pembelian
konsumen pada batik Canteng Koneng adalah terjadinya fluktuasi penjualan
dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Kualitas produk, desain produk, harga,
dan promosi, merupakan faktor yang telah diupayakan oleh perusahaan tetapi
belum dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap keputusan
konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,
desain produk, harga dan promosi, terhadap keputusan pembelian Batik Canteng
Koneng. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Batik Canteng Koneng.
Sampel ditentukan dengan teknik insidental sampling, dengan responden
sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner
(angket). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrume
(uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi berganda,
pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program
SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kualitas produk, desain
produk, harga dan promosi, secara simultan terhadap keputusan pembelian
batikCanteng Koneng. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa kualitas
produk, desain produk, harga dan promosi berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian batikCanteng Koneng. Simpulan dari
penelitian ini adalah semakin tinggi kualitas produk, desain produk, harga dan
promosi maka keputusan pembelian batik Canteng Koneng akan semakin
meningkat. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat melakukan penelitian
pada subyek yang berbeda dengan membatasi subyek yang membeli produk batik
Canteng Koneng baru satu kali atau hanya satu kali, atau dengan mengembangkan
variabel bebas lainnya.
Kata kunci: Kualitas Produk, Desain Produk, Harga, Promosi Dan Keputusan
Pembelian