Abstract :
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan
para pelaku bisnis di bidang jasa transportasi laut seperti KM. Expres Bahari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan harga
berpengaruh terhadap kepuasan penumpang secara parsial dan simultan. Variabel
dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X1), harga(X2), dan kepuasan (Y).
Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Non probability
sampling dengan jenis accidental sampling dengan 100 responden. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda meliputi : uji validitas
dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis (
Uji t dan F ) , serta koefesien determinasi (R2).
Dimana variabel Kepuasan Konsumen (Y), variabel Kualitas Pelayanan
(X1),variabel Harga (X2).Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan
bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan
berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen Kepuasan Konsumen.
Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yang
diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Kepuasan
Konsumen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,416 menunjukkan bahwa 41,6
persen variabel Kepuasan Konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel
independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 58,4 persen
dijelaskan oleh variabel lain diluar ketigavariabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, harga dan Kepuasan Konsumen