Abstract :
Perusahaan harus menerapkan strategi yang tepat untuk mengatasi tingkat
penurunan kepuasan konsumen. Bermunculnya berbagai perusahaan operator
telepon seluler dengan keunggulan masing-masing membuat GraPARIKios
Telkomsel Kabupaten Sumenep harus memiliki sebuah strategi, salah satu strategi
tersebut adalah strategi diferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan dan diferensiasi citra baik
secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan.
Penelitian ini dilakukan pada GraPARIKios Telkomsel Kabupaten
Sumenepm dengan populasi masyarakat yang menggunakan telkomsel dengan
metode purposive sampling dan diperoleh 100 orang yang dijadikan responden.
Untuk menganalisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai thitung diferensiasi
produk sebesar 2.034, diferensiasi layanan sebesar 2.230 dan diferensiasi citra
sebesar 2.233, artinya semua variabel bebas berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan. Diferensiasi produk dan layanan bernilai positif, artinya jika ada
kenaikan pada diferensiasi produk dan layanan maka keunggulan bersaing
semakin meningkat, begitu juga sebaliknya. Sedangkan diferensiasi citra bernilai
negatif, artinya semakin meningkat diferensiasi citra maka keunggulan bersaing
semakin menurun. Sedangkan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan adalah diferensiasi citra.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah diferensiasi produk, diferensiasi
layanan dan diferensiasi citra baik secara partial maupun simultan berpengaruh
secara singifikan terhadap kepuasan konsumen. Di antara variabel bebas yang
paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah diferensiasi citra.
Kata kunci : diferensiasi produk, layanan, citra, kepuasan pelanggan