Abstract :
Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom)
merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan penyedia layanan
telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas jasa pelayanan,kepuasaan
pelanggan dan loyalitas pelanggan pengguna voucher Wifi Corner Telkom di
kabupaten kota Sumenep. Populasi penelitian mengacu pada pelanggan pengguna
voucher wifi corner Telkom di kabupaten kota Sumenep. Sampel yang diambil
sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik probability sampling.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 2,203
+ 0,276 X1 + 0,211 X2 menujukkan bahwa variabel kepuasaan pelanggan
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan,dengan
nilai signifikan sebesar 0,000. Dan variabel kualitas jasa pelayanan mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, degan nilai
signifikan sebear 0,016. Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar
54,868 dan dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai signifikan lebih kecil dari 0,05
hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini
berpengaruh secara bersama-sama/simultan dan signifikan terhadap variabel
dependen yaitu loyalitas pelanggan.