Abstract :
Persaingan di bidang penyedia jasa sewa lapangan futsal saat ini semakin
ketat, hal ini ditandai dengan banyaknya jasa penyedia lapangan futsal yang ada di
kabupaten sumenep. Dalam persaingan tentunya yang harus diperhatikan kualitas
Karena kualitas bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan dan pelanggan
akan menjadi setia kepada perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh motivasi
pelanggan, citra, kelompok acuan, kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan
pengguna jasa sewa lapangan futsal di kabupaten Sumenep. Populasi penelitian
mengacu pada pelanggan pengguna jasa sewa lapangan futsal di kabupaten
Sumenep. Sampel yang diambil sebanyak 80 responden dengan menggunakan
teknik non probability sampling.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 0,201
+ 0,083 X1 + 0,245 X2 + 0,301 X3 + 0,318 X4 menujukkan bahwa variabel
kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif yang paling besar dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan, variabel motivasi pelanggan mempunyai pengaruh
positif yang paling kecil dan tidak signifikan, sedangkan citra dan kelompok
acuan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Regresi ini memiliki nilai F hitung sebesar 52.148 dan dengan tingkat signifikansi
0,000. Nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 hal tersebut menunjukkan bahwa
variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersamasama/simultan dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu loyalitas
pelanggan.
Kata Kunci: motivasi pelanggan, citra, kelompok acuan, kualitas pelayanan
loyalitas pelanggan, Bintang Futsal, Sumenep