Abstract :
Tanggungjawab Sosial Perusahaan sebagai suatu bisnis dikatakan
telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya jika keputusan-keputusan
yang diambil telah mempertimbangkan keseimbangan antar berbagai
pemangku kepentingan yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh Penerapan Corporate Social
Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan. (2) Pengaruh Corporate
Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan
profitabilitas sebagai variabel moderating.
Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan yang tergolong dalam
Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metode
purposive sampling dan diperoleh 43 perusahaan yang menjadi sampel
penelitian. Teknik pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pengujian regresi moderating (MRA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Corporate Social
Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan Terhadap Nilai Perusahaan,
dengan signifikansi sebesar 0,030<0,05. Namun Profitabilitas sebagai
variabel moderating tidak dapat mempengaruhi hubungan penerapan
Corporate Social Responsibility (CSR) dan nilai perusahaan dengan
signifikansi sebesar 0,935>0,05
Kata kunci : Nilai Perusahaan, Harga Saham, Corporate Social Responsibility
(CSR), Lingkungan, Stakeholder, Profitabilitas (ROA).