Abstract :
Jumlah motor dan mobil yang dimiliki masyarakat tiap hari mencapai
1.000 unit, hingga Pebruari 2015 jumlah total 162.500 terdiri dari sepeda motor
sebanyak 152.000 dan mobil sebanyak 10.500. Pertumbuhan sepeda motor di
Sumenep kian meningkat. Dua tahun terakhir, sepeda motor yang diminati
masyarakat adalah jenis automatic.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor individual,
ekonomi, sosial dan budaya secara parsial maupun simultan berpengaruh positif
terhadap perilaku konsumen dalam pembelian sepeda motor automatic honda
vario di Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep,
dengan populasi masyarakat yang menggunakan sepeda motor honda vario
dengan metode purposive sampling dan diperoleh 100 orang yang dijadikan
responden. Untuk menganalisis data menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai prob. thitung variabel individual
sebesar 0,01, variabel ekonomi sebesar 0,679, variabel sosial sebesar 0,01 dan
variabel budaya sebesar 0,00. Sedangkan nilai prob. Fhitung sebesar 0,000. Semua
variabel menunjukkan nilai positif, artinya jika ada kenaikan pada variabel bebas
selain ekonomi maka variabel terikat ikut naik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor individual, ekonomi, sosial
dan budaya secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumen, karena
ada salah satu variabel yang tidak berpengaruh, yaitu faktor ekonomi, Secara
simultan faktor individual, ekonomi, sosial dan budaya berpengaruh positif
terhadap perilaku konsumen. Faktor yang paling dominan adalah budaya.
Kata kunci : Perilaku konsumen, pengambilan keputusan, sepeda motor automatic