DETAIL DOCUMENT
Efektifitas Petunjuk Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs At-taufiqiyah AengBaja Raja Bluto Sumenep Tahun Pelajaran 2016. Skripsi.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Wahyudi, Affan
Subject
500 Natural Science and Mathematics 
Datestamp
2020-06-24 04:36:45 
Abstract :
Proses belajar pembelajaran di sekolah masih cenderung menggunakan teknik mencatat dalam bentuk naratif dan hanya penyampaian teori, akibatnya pemahaman siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan petunjuk praktikum pada pembelajaran IPA MTs. At-taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto Sumenep. (2) adakah perbedaan hasil belajar psikomotor siswa yang menggunakan petunjuk praktikum pada pembelajaran IPA MTs. At-taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto Sumenep. (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap petunjuk praktikum pada pembelajaran IPA MTs. At-taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto Sumenep (4) untuk mengetahui efektifitas petunjuk praktikum pada pembelajaran IPA MTs. At-taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto Sumenep. Teknik analisis data yang di gunakan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa yang menggunakan petunjuk praktikum dan yang tidak menggunakan petunjuk praktikum. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan petunjuk praktikum terhadap hasil belajar kognitif siswa dapat di lihat dari hasil Uji independent samples t-tes 0,000 > 0,005 terima H1 tolak H0. Uji independent samples t-tes 0,000 > 0,05 yang berarti terima H1 dan tolak H0 yaitu terdapat perbedaan hasil belajar psikomotor siswa. Respon siswa terhadap petunjuk praktikum dalam penelitian ini mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa. Sedangkan efektifitas penggunaan petunjuk praktikum dalam penelitian ini efektif yaitu besar efektifitasnya sebesar 1 dengan kategori tinggi. Kata kunci : Petunjuk praktikum dengan media gambar, hasil belajar, 
Institution Info

Universitas Wiraraja