Abstract :
Proses belajar pembelajaran di sekolah masih cenderung
menggunakan teknik mencatat dalam bentuk naratif dan hanya
penyampaian teori, akibatnya pemahaman siswa rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui (1) adakah perbedaan hasil belajar kognitif
siswa yang menggunakan petunjuk praktikum pada pembelajaran IPA
MTs. At-taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto Sumenep. (2) adakah
perbedaan hasil belajar psikomotor siswa yang menggunakan petunjuk
praktikum pada pembelajaran IPA MTs. At-taufiqiyah Aeng Baja Raja
Bluto Sumenep. (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap petunjuk
praktikum pada pembelajaran IPA MTs. At-taufiqiyah Aeng Baja Raja
Bluto Sumenep (4) untuk mengetahui efektifitas petunjuk praktikum
pada pembelajaran IPA MTs. At-taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto
Sumenep. Teknik analisis data yang di gunakan untuk mengetahui
adanya perbedaan hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa yang
menggunakan petunjuk praktikum dan yang tidak menggunakan
petunjuk praktikum. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat
perbedaan penggunaan petunjuk praktikum terhadap hasil belajar
kognitif siswa dapat di lihat dari hasil Uji independent samples t-tes
0,000 > 0,005 terima H1 tolak H0. Uji independent samples t-tes 0,000 >
0,05 yang berarti terima H1 dan tolak H0 yaitu terdapat perbedaan hasil
belajar psikomotor siswa. Respon siswa terhadap petunjuk praktikum
dalam penelitian ini mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa.
Sedangkan efektifitas penggunaan petunjuk praktikum dalam penelitian
ini efektif yaitu besar efektifitasnya sebesar 1 dengan kategori tinggi.
Kata kunci : Petunjuk praktikum dengan media gambar, hasil belajar,