Abstract :
Pelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang sangat
berkaitan dengan perilaku yang ada dalam kehidupan sehari-hari,
dengan tujuan yang ingin di peroleh dari pelajaran IPA yaitu untuk
memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasikan. Pada penelitian ini bertujuan (1) Untuk
mengetahui bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran Problem
Based Instructrion (PBI) terhadap siswa kelas VIII Mts At-Taufiqiyah,
(2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
Problem Based Instructrion (PBI) terhadap keterampilan proses dasar
siswa kelas VIII Mts At-Taufiqiyah, (3) Untuk mengetahui peningkatan
hasil tes keterampilan proses dasar siswa kelas VIII Mts At-Taufiqiyah
menggunakan Problem Based Instructrion (PBI). Penelitian ini di
laksanakan di MTs. At-Taufiqiyah pada Kelas VIII tahun 2016 jenis
pendekatan Kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan
Quasi Experimental Design menggunakan desain Nonequivalent
Control Group Design. Pengumpulan data di lakukan dengan instrumen
tes dan non tes. Adapun hasil keterlaksanaan model pembeljaran
Problem Based Instructrion ialah 98% pada pertemuan 1 dan 99% pada
pertemuan 2 dengan kategori sangat baik. Pengaruh penggunaan model
pembelajaran Problem Based Instructrion (PBI) terhdap keterampilan
proses dasar menggunakan uji beda Paired Sampels Test pada soal
PostTest dengan nilai signifikansi 0,000 dan uji Mann-Whitney pada
non tes menunjukkan nilai signifikansi 0,001 yang menunjukkan
terdapat pengaruh. Sedangkan untuk mengatuhi adakah peningkatan tes
keterampilan proses dasar menggunakan Problem Based Instructrion
(PBI), diuji menggunakan uji independent Samples Test pada nilai
Gain Score PreTest dan PostTest dengan nilai signifikas 0.000 yang
menunjukan bahwa ada perbedaan hasil tes keterampilan proses dasar.
Kata kunci: Pengaruh, Problem Based Instructrion, Ketrampilan
Proses Dasar