DETAIL DOCUMENT
PREFERENSI KONSUMEN BATIK TULIS PAKANDANGAN AL-BAROKAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Erlina, R.AJ. Siti
Subject
630 Agriculture 
Datestamp
2022-12-09 02:37:58 
Abstract :
Batik adalah karya budaya yang merupakan warisan nenek moyang dan memiliki nilai seni yang tinggi, dengan corak, serta tata warna yang khas milik suatu daerah yang menunjukkan identitas bangsa Indonesia. Batik sebagai aset budaya merupakan ikon produk Indonesia yang memiliki nilai historis dan memiliki citra ekslusif yang menggambarkan status pemakainya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui preferensi konsumen batik tulis Pakandangan Al-Barokah. Penentuan lokasi dilakukan dengan secara sengaja (purposive) yaitu di Batik Tulis Pakandangan Al-Barokah. Dengan berbagai pertimbangan tertentu bahwa di Desa Pakandangan banyak sekali yang memproduksi batik. Akan tetapi hanya batik tulis Pakandangan Al-Barokah yang merupakan sentra batik yang terbesar di Desa Pakandangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konjoin.Hasil analisis yang dilakukan pada batik tulis Pakandangan Al-Barokah diperoleh hasil bahwa preferensi konsumen batik tulis Pakandangan Al-Barokah yaitu motif, harga, warna, jenis kain. Motif dengan utility sebesar -1,688 harga dengan utility sebesar -490, warna dengan utility sebesar -415, jenis kain dengan utility sebesar -240.Sedangakan hasil analisis yang untuk atribut yang dominan yang menjadi prioritas utama konsumen batik tulis Pakandangan Al-Barokah adalah motif, harga, warna, jenis kain. motif dengan importance value sebesar 57,469, harga dengan importance value sebesar 18,737, warna dengan importance value sebesar 15,484, dan jenis kain dengan importance value sebesar 8,310 Kata kunci : Preferensi konsumen, Analisis konjoin, Batik tulis 
Institution Info

Universitas Wiraraja