Abstract :
Kondisi perkembangan pariwisata pada saat ini semakin berkembang
pesat, hal tersebut mengakibatkan persaingan dalam merebutkan pasar. Berbagai
jenis pariwisata banyak ditawarkan kepada konsumen agar tertarik untuk
mengunjunginya. Di Jawa Timur khususnya di Sumenep jenis pariwisata yang
banyak diminati konsumen adalah jenis wisata alam yang dilengkapi dengan
berbagai wahana bermain. Seperti TAMAN TECTONA yang tetap menjaga
eksistensinya dengan menjadikan kepuasan konsumen sebagai tujuan utamanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, kualitas
pelayanan dan harga terhadap tingkat kepuasan pengunjung di Wisata TAMAN
TECTONA . Populasi penelitian ini adalah para pengunjung Wisata TAMAN
TECTONA dengan sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah aksidental sampling dan analisa yang
digunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Hasil ini mengindikasikan model penelitian layak dilanjutkan pada
analisa berikutnya. Hasil ini didukung dengan perolehan koefisien korelasi
sebesar 9,21% menunjukkan bahwa korelasi antara variabel memiliki hubungan
yang erat terhadap kepuasan konsumen. Hasil pengujian secara parsial
menunjukkan variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu lokasi tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan kualitas pelayanan dan
harga mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen.
Kata kunci: lokasi, kualitas pelayanan dan harga