Abstract :
Globalisasi memberi dampak positif bagi setiap profesi kesehatan untuk
berupaya meningkatkan kinerja profesionalnya dalam berkontribusi berbagai
macam kesehatan masyarakat. Hal ini sejalan dengan makin meningkatnya
tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,
harga dan lokasi terhadap kepuasan pasien pada Klinik Pratama Barokah
Kecamatan Ambunten. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah
analisis regresi linear berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan
tekniknonprobability sampling berupa sampling insidental,sedangkan teknik
pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner, yang
kemudian diolah menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pasien. Artinya kualitas Pelayanan yang baik akan menciptakan peningkatan
kepuasan pasien.(2) Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pasien. Artinya Harga yang terjangkau akan dapat meningkatkan kepuasan pasien.
(3) Lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Artinya
Lokasi yang kondusif akan tercipta peningkatan kepuasan pasien. (4)kualitas
Pelayanan, Harga dan Lokasisecara bersama memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan pasien.
Kata kunci:kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Kepuasan.