Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran IPA
berbasis game ular tangga untuk kelas VIII materi tekanan. Namun
tujuan dari penelitian ini secara khusus adalah: (1) mengetahui tingkat
kelayakan game ular tangga IPA sebagai media pembelajaran; (2)
mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan game ular
tangga IPA sebagai media pembelajaran; (3) mengetahui aktivitas siswa
menggunakan game ular tangga IPA; (4) mengetahui hasil belajar siswa
setelah menggunakan media pembelajaran berbasis game ular tangga
IPA; (5) mengetahui respon siswa terhadap game ular tangga IPA
sebagai media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode angket. Data
dianalisis menggunakan persentase dan uji independent sampel t-test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran
yang dikembangkan layak digunakan dengan rating rata-rata 83%; (2)
keterlaksanaan pembelajaran rata-rata pada pertemuan pertama dan
kedua sebesar 84,37% termasuk dalam kategori sangat baik; (3)
aktivitas siswa rata-rata pada pertemuan pertama dan kedua sebesar
81,5% juga termasuk dalam kategori sangat baik; (4) Hasil belajar siswa
pada kelas eksperimen rata-rata 81,98 dan kelas kontrol 63.66.
Berdasarkan uji-t pada pertemuan pertama dan kedua didapat nilai
Asymp Sig. (2tailed) 0,001 < 0,05 dan Asymp Sig. (2tailed 0,000 < 0,05
pada taraf signifiansi 5%, sehingga dapat disimpulkan rata-rata hasil
belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan handout dengan media
game ular tangga IPA berbeda atau lebih tinggi daripada hasil belajar
siswa yang dibelajarkan menggunakan handout. Respon siswa pada uji
coba dan uji pemakaian 100% memberi respon positif
Kata Kunci: Game Ular Tangga IPA, Kelayakan, Aktivitas belajar,